Wanita


“Berambut panjang dan berfikiran pendek*) !!!  Begitulah ungkapan yang digambarkan oleh peradapan Eropa tentang wanita ketika Eropa masih jauh untuk mengklaim diri sebagai benua yang paling beradab di muka bumi. Manusia (lelaki) memandang wanita sebagai bagian dari dirinya yang kurang sempurna. Sesuatu jenis manusia yang masih harus perlu dipahami eksistensi dirinya.  (inikah kenapa ada mata kuliah Psikologi Wanita, tapi tidak untuk Pria ?

Begitulah jaman, dunia, dan kenyataan telah merendahkan wanita sedemikian rupa, dimanapun, apapun, kapanpun dan sampai saat inipun. Sepertinya dunia ini diciptakan Tuhan khusus untuk laki-laki dan Wanita adalah penghias dari muka bumi ini, sejajar dengan harta dan pangkat.

Sebagai penghias maka wanita akan menampakkan/ditampakkan dirinya dimanapun agar nampak indah dan semarak. Koran, majalah, televisi akan terasa “begitu-begitu saja” tanpa kehadiran perempuan di dalamnya. Berpakaian apapun, bahkan tidak berpakaian pun wanita sama menariknya.

Dan wanita ada yang merasa menjadi korban dalam kejadian seperti ini, tetapi tidak sedikit pula yang menikmati nya.

Tetapi Jalaluddin Rumi menyatakan, “ Wanita adalah seberkas sinar Tuhan, dia bukan lah kekasih duniawi,  Engkau boleh mengatakan dia bukan ciptaan “

Dalam khazanah Tasauf, wanita menduduki dataran paling tinggi bahkan lebih tinggi dari lelaki. Kalau lelaki adalah pecinta, perempuan adalah yang dicintai. Tentu lebih tinggi yang dicintai dari pada yang mencintai.

Menurut Ibnu Arabi, Tuhan dapat disaksikan ketika Dia menampakkan diri-Nya sendiri (Tajalli) dalam segala sesautu yang dia ciptakan. penampakan Tuhan yang terlihat paling sempurna itu dapat tersaksikan dalam diri Wanita.

Dan bisakah perempuan menampilkan Tuhan dalam sosok dirinya atau bisakah lelaki menyaksikan penampakan Tuhan dalam diri perempuan ? jangan-jangan jawaban keduanya adalah Tidak !!

*) dari Kutipan Buku karya Murtadho Muthahari, “Wanita dalam Islam”

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s